Ulasan Anime Koe de Oshigoto: Jalan Awal Sebagai Seiyu Eroge

Anime mengenai industri anime? Ada Shirobako. Anime mengenai doujinshi? Ada Comic party. Anime mengenai otaku? Ada Genshiken. Anime mengenai seiyu? Ada Sore ga Seiyuu dan Girlish Number. Cukup banyak anime yang menceritakan mengenai pelaku di industri kreatif. Namun bagaimana untuk “sisi lainnya” dari industri kreatif? Maka anime Koe de Oshigoto siap mengisi kekosongan itu, di mana anime ini menceritakan sisi dunia seiyu eroge.

Anime Koe de Oshigoto! sendiri merupakan adaptasi anime dari komik dengan judul yang sama. Komik tersebut dibuat oleh Azure Konno dan diserialisasikan melalui majalah Comic Gum pada tahun 2008 hingga 2013. Adaptasi animenya sendiri diproduksi oleh Studio Gokumi yang dirilis pada tahun 2010 dan 2011. Penasaran seperti apa cuplikan dunia “seiyu eroge”? Mari simak ulasan berikut ini.

Premis cerita

© Azure Konno/ Wani Books/ PC

Seorang siswi SMA bernama Kanna Aoyagi mendapatkan kesempatan besar untuk menjadi seorang seiyu di perusahaan gim. Pada ulang tahun ke-16nya, Kanna mendapatkan tawaran dari kakaknya untuk bekerja sebagai seiyu di perusahaan gimnya yang bernama Blue March. Perusahaan gim ini menspesialisasikan diri dalam pembuatan gim eroge.

Kanna sendiri merasa ragu untuk mengambil peran ini, karena ia masih belum tahu ingin menjadi apa kelak selain itu ia juga masih terlalu polos untuk menjadi seiyu eroge tersebut. Namun setelah berpikir panjang, akhirnya Kanna memutuskan untuk mengambil tawaran tersebut. Dengan sosoknya yang polos dan bahkan “belum berpengalaman”, bagaimana bisa Kanna dapat mendalami karakter yang akan ia suarakan? Inilah kisah awal Kanna sebagai seiyu eroge.

Permulaan Seorang Seiyu Eroge

Koe de Oshigoto
© Azure Konno/ Wani Books/ PC

Sesuai dengan tema ceritanya, anime ini menceritakan perjalanan awal menjadi seorang seiyu eroge bagi yang tidak memiliki pengalaman baik di dunia seiyu ataupun “pengalaman asli”. Penonton akan mengikuti kisah seorang siswi bernama Kanna yang cukup polos dan pemalu, seketika ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi seiyu tetapi untuk gim eroge. Secara cerita sendiri tidak terlalu ada momen yang seru maupun sedih, berhubung juga anime ini merupakan OVA 2 episode, sehingga secara cerita sendiri anime ini tidak terlalu berbobot. Malahan saya lebih menganggap anime ini sebagai anime komedi secara utuh daripada anime seiyu eroge. Karena anime ini lebih menceritakan beberapa adegan H secara komedik.

Baca Juga :  Spring 2022 Anime: Spy x Family

Contoh saja momen yang saya sukai dari anime ini adalah ketika Kanna harus memerani sebuah adegan meminum cairan tertentu. Namun karena dirinya “belum punya pengalaman”, maka Kanna disuruh untuk menyuarakan adegan tersebut selagi mencicipi susu kental manis di jarinya. Saya sendiri baru tahu ada juga model seperti ini ketika lagi mengisi suara. Tetapi melihat adegan ini cukup membuat tawa dalam diri saya. Karena saya juga tidak menyangka seperti itu dan juga ekspresi Kanna yang berubah 180 derajat dari diri aslinya. Lalu bagaimana dengan perkembangan karakter Kanna maupun karakter lainnya?

Karakter Penuh Tawa

Koe de Oshigoto
© Azure Konno/ Wani Books/ PC

Dikarenakan anime ini adalah anime OVA 2 episode, maka perkembangan karakter sendiri tidak terlalu terasa. Tidak ada momen yang indah, sedih, ataupun hebat. Semua terasa datar dan tidak terlalu bepengaruh pada perkembangan karakter sampingan selain Kanna. Anime ini memiliki banyak dari karakter sampingan, hanya saja kebanyakan dari karakter tersebut hanya sekedar ada. Karena itu anime ini terasa lebih fokus pada karakter Kanna sebagai seiyu eroge baru. Meskipun begitu, karakter sampingan yang ada di sini cukup memeriahkan cerita anime ini dengan kebodohannya dan komuknya. Sebagai contoh, Kanna sempat bertanya mengenai apakah “cairan” yang diminum oleh karakter peranannya itu “beneran enak”? Sang karakter sampingan-pun langsung dengan segera memperbolehkannya “mencicipi secara langsung”.

Ya, anime ini secara terus terangan cukup eksplisit dalam menampilkan lelucon mengenai dunia H dan saya rasa itulah yang membuat anime ini lucu terutama dengan karakter utamanya Kanna yang polos dan pemalu. Rasanya sedikit kocak untuk melihat orang menjelaskan secara eksplisit kepada perempuan yang tidak memahami apapun. Selain itu dari sisi animasi sendiri anime ini masih terasa relevan moe-nya di era anime sekarang.

Baca Juga :  Eurobeat Intensifies! Intip Video Promosi Terbaru Anime MF Ghost!

Ulasan anime Koe de Oshigoto! berlanjut ke halaman berikutnya.