Summer 2022 Anime: Utawarerumono: Mask of Truth

Sinopsis

Negeri Yamato jatuh ke dalam kekacauan setelah kematian kaisar. Oshutoru, Jenderal Kanan, adalah buronan yang dituduh meracuni tuan putri Anju. Oshutoru bersama rekan-rekannya pun mengevakuasikan tuan putri anju ke kampung halamannya, Ennakamuy. Namun dalam aksi pelariannya tidak berjalan mulus, ia pun harus bertempur kembali dengan pasukan yang mengejarnya. Namun ia terpaksa harus menggunakan kekuatan penuh  dari topengnya “Akuruka”. Ia pun menggunakan seluruh energi kehidupannya demi menyelamatkan adiknya Nekone, dan kerabatnya, Haku.

Sebelum dia mengucapkan selamat tinggal, dia mempercayakan masa depan tuan putri Anju dan Nekone kepada Haku. Dengan memberikan topeng dan identitasnya, Haku rela untuk meninggalkan jatidirinya sebagai Haku, dan mulai menjalani hidup sebagai Oshutoru.

Mereka melarikan diri ke Ennakamui, di mana tuan putri Anju mulai pulih, dan dia bangkit untuk merebut kembali tempat yang seharusnya sebagai pewaris takhta dari Negeri Yamato. Tetapi Raikou, salah satu dari Delapan Pilar Jenderal, menempatkan tuan putri Anju palsu untuk mengambil alih pewaris takhta Yamato. Demi itu, Raikou berniat untuk mengkudeta tuan putri anju dengan cara membunuhnya, dan ia mulai menyulut api perang yang akan menelan seluruh Yamato…

Komentar

Reza Lamunedo – KAORI Newsline

Penantian yang panjang telah tiba, kegembiraan pun tidak bisa disembunyikan setelah bertahun-tahun menunggu adaptasi terakhir dari trilogi seri Utawarerumo ini. Bahwasanya tidak ada yang menyangka kalau akan diadaptasi menjadi anime, semua penggemarnya pun hanya pasrah, seperti kalau tidak diadaptasi ya syukur, kalau diadaptasi loncat bahagia. Bagaimana tidak? bagian terbaik dari seluruh trilogi Utawarerumono ada pada bagian ini. Perkembangan cerita dan karakter yang tidak terduga menjadi daya tarik tersendiri pada seri ini.

Setelah beberapa episode berlalu, saya pun mempunyai penilaian tersendiri bagaimana seri ini akan berjalan sampai episode terakhirnya. Sebagai orang yang juga memainkan gim, yakni sumber asli dari kisah dari seri Mask of Truth. Saya awalnya berpikir kalau anime yang dengan jumlah tayangnya normal, yakni 24 episode itu tidak cukup untuk merangkum seluruh kisah yang telah disajikan secara mentah dari gimnya. Namun berbeda cerita kalau yang ditayangkan sebanyak 28 episode. Mungkin akan mencakup seluruh materi gimnya, tetapi besar kemungkinan banyak yang akan dipangkas untuk mempadatkan seluruh materinya, seperti Side Story yang tidak diperlukan, maupun mempersingkat dialog dan pertarungan.

Baca Juga :  Danmachi Season 4 Dirilis Juli 2022

Lalu setelah beberapa episode berlalu juga, seri yang ini terlihat jauh lebih niat mengadaptasikan seluruh sumber aslinya. Tidak seperti seri sebelumnya, False Mask, di mana banyak adegan orisinil dan membuang aspek utama dari kisahnya, sehingga ketika ingin menonton seri yang terakhir ini kita akan kebingungan bagi yang telah menonton seri sebelumnya, karena penutup seri sebelumnya ini sudah melenceng dari kisah utamanya. Sehingga untuk menyambungnya kisahnya, kita harus betul memahami apa yang terjadi di semesta Utawarerumono.

Dalam aspek visual, sepertinya saya tidak perlu berkomentar banyak. Karena setelah menonton beberapa episode kualitasnya pun sama dengan seri sebelumnya. Yakni desain karakter yang tidak terlalu banyak diubah, latar belakangnya yang sangat hidup, dan animasinya yang sangat mulus, bahkan di seri sebelumnya itu pun sangat konsisten dari episode perdananya yang disiarkan hingga episode terakhirnya disiarkan. Jadi saya sangat mempercayai Studio WHITE FOX akan mengadaptasi serial ini dengan baik.

Bagian terbaik dari serial ini terletak pada BGMnya. Kalau disuruh menilai 1-10, keseluruhan OST dan BGMnya bagi saya 10/10, istilahnya tidak ada celah. Untuk BGM yang dipakai di animenya masih memakai dari sumber aslinya. Mungkin ada beberapa aransemen yang dirubah untuk menyesuaikan durasi animenya, seperti lagu Kimi Ga Tame yang diaransemen ulang pada akhir dari seri sebelumnya, yang sangat indah untuk untuk didengarkan, berikut OST – Kimi Ga Tame yang telah diaransemen ulang Kimi Ga Tame. Selain itu mungkin akan ada banyak OST Favorit saya yang akan muncul di seri ini.

Beberapa hal yang lain yang patut untuk digembirakan adalah kembalinya seiyu Risa Taneda sebagai Main Heroine di seri ini. Karena seperti para fans Risa Taneda ketahui, bahwa akhir-akhir ini Risa Taneda sudah tidak mendapatkan role baru baik dari anime maupun gim. Dikarenakan kasus kesehatannya pada beberapa tahun yang lalu yang membuat Risa Taneda harus hiatus sementara, jadi beberapa seri yang mengharuskan Risa Taneda mengisi suara tersebut, harus digantikan dengan seiyu lain, atau karakternya dihilangkan. Beruntungnya untuk seri Utawarerumono yang terakhir ini, Risa Taneda bisa kembali mengisi suara Kuon, dikarenakan juga anime ini yang telah diproduksi setelah kesehatan Risa Taneda membaik. Namun di balik itu ada kabar duka juga di balik produksi anime in. Seiyu dari protagonis utama dari seri ini, Keiji Fujiwara sebagai Haku, telah meninggal dunia, pada pertengahan 2020, sehingga pengisi suara Haku, harus digantikan dengan pengisi suara Oshutoru (Kentaro Tone), yang di mana kalau di dalam kisahnya, Oshutoru meninggal dunia, dan menyerahkan segala identitasnya kepada haku, sementara di dunia asli, Keiji Fujiwara meninggal dunia, dan Kentaro Tone melanjutkan perannya sebagai Haku. Cukup ironis jika kita pikir. Dan saya cukup mengapresiasi usaha dari Kentaro Tone yang berperan menjadi Haku di seri ini, karena sangat cocok juga saat dia menjadi Oshutoru/Haku. Dan juga komposer utama dari seri ini, Michio Kinugasa juga meninggal dunia pada tahun yang sama, sehingga dampak terhadap serial ini cukup besar.

Baca Juga :  Kakegurui Twin Hadir dengan Dubbing Berbahasa Indonesia di Netflix

Utawarerumono bukanlah untuk semua orang. Yakni untuk masuk ke dalam seri ini, kalian harus menonton kedua seri sebelumnya untuk paham lebih lanjut bagaimana seri terakhir ini akan berjalan. Tetapi di balik itu semua ada harga yang dibayarkan. Jujur saya sendiri pun menangis ketika menonton kedua seri sebelumnya, dan akan mempersiapkan tisu lebih banyak lagi untuk seri yang ini, bohong kalau tidak. Jadi ini mungkin adalah kesempatan yang bagus bagi kalian untuk mencicipi mahakarya dari Aquaplus ini.

Fakta dan Data

Judul Lain Utawarerumono: Futari no Hakuoro, Utawarerumono: Mask of Truth, うたわれるもの 二人の白皇
Karya Asli Adaptasi Visual Novel dari Utawarerumono: Mask of Truth
Sutradara Kenichi Kawamura (Kin-iro no Corda Blue♪Sky)
Pengisi Suara  

Ai Kakuma Sebagai Rurutie
Akeno Watanabe Sebagai
Dori
Gura
Atsuko Tanaka Sebagai Karura
Atsushi Tamaru Sebagai Yashma
Ayane Sakura Sebagai
Saraana
Uruuru
Ayumu Murase Sebagai Kiuru
Chinatsu Akasaki Sebagai Anju
Daisuke Kirii Sebagai Oboro
Daisuke Namikawa Sebagai Benawi
Hibiku Yamamura Sebagai Shis
Hiroshi Shirokuma Sebagai
Irawaji
Munto
Inori Minase Sebagai Nekone
Kaya Miyake Sebagai Touka
Kentarō Tone Sebagai Oshtor (Haku)
Madoka Shiga Sebagai Tokifusa
Marie Miyake Sebagai Shichiriya
Masayo Fujita Sebagai Torikori
Misaki Kuno Sebagai Shinonon
Miyuki Sawashiro Sebagai Aruru
Nozomi Yamamoto Sebagai Nosuri
Ooki Sugiyama Sebagai Maroro
Rie Kugimiya Sebagai Kamyu
Risa Taneda Sebagai Kuon
Ryotaro Okiayu Sebagai Raikou
Saori Hayami Sebagai Munechika
Sayaka Ohara Sebagai Urutori
Takahiro Sakurai Sebagai Ougi
Takuya Eguchi Sebagai Yakutowaruto
Toru Ohkawa Sebagai
Dekopompo
Genhou
Toshiharu Nakanishi Sebagai Bokoinante
Tsuguo Mogami Sebagai Soyankekur
Tsuyoshi Koyama Sebagai Kurou
Yoshihito Sasaki Sebagai Ozen
Yukitoshi Kikuchi Sebagai Woshizu
Yuko Gibu Sebagai Fumirul
Yumi Hara Sebagai Atui
Yūsuke Kobayashi Sebagai Itak
Yuya Uchida Sebagai Mikazuchi

Penulis Naskah Itsuki Yokoyama
Desainer Karakter Masahiko Nakata (Utawarerumono: False Mask)
Lagu Pembuka

“Hito Nanda  oleh Suara

Lagu Penutup

“Hyakunichisou” oleh Suara

Studio WHITE FOX
Situs resmi https://utawarerumono.jp/
Twitter @UtawareAnime
Mulai tayang pada 2 Juli 2022 (2300 WIB, 1600 GMT) 3 Juli 2022 0100 JST
Baca Juga :  Sambut Date A Live V!

Screenshot dan Video

©Aquaplus, Whitefox/ Futari No Hakuoro Production Committee
Utawarerumono: Mask of Truth
©Aquaplus, Whitefox/ Futari No Hakuoro Production Committee
Utawarerumono: Mask of Truth
©Aquaplus, Whitefox/ Futari No Hakuoro Production Committee
Utawarerumono: Mask of Truth
©Aquaplus, Whitefox/ Futari No Hakuoro Production Committee
Utawarerumono: Mask of Truth
©Aquaplus, Whitefox/ Futari No Hakuoro Production Committee
Utawarerumono: Mask of Truth
©Aquaplus, Whitefox/ Futari No Hakuoro Production Committee
©Aquaplus, Whitefox/ Futari No Hakuoro Production Committee
©Aquaplus, Whitefox/ Futari No Hakuoro Production Committee
©Aquaplus, Whitefox/ Futari No Hakuoro Production Committee

KAORI Newsline