The Maid I Hired Recently Is Mysterious

Sinopsis

Mansion tempat Yuuri tinggal baru-baru ini kedatangan seorang maid (pembantu) baru bernama Lilith setelah orang tua anak tersebut meninggal dalam kecelakaan dan staf pengurus rumah sebelumnya diberhentikan. Yuuri terus merasa ada hal yang mencurigakan dari perempuan muda yang muncul entah dari mana untuk mengasuh anak yatim tanpa bayaran itu. Si maid suka menggodanya soal kecurigaannya itu, tetapi karena Yuuri terlalu polos dan serius, candaannya sering menjadi bumerang dan menghasilkan kesalahpahaman yang lucu. Apakah Yuuri hanya penasaran soal rahasia asal-usul dan tujuan si maid itu, ataukah hatinya juga telah terpikat olehnya dalam artian lain?

Komentar

Halimun Muhammad (The Indonesian Anime Times)

Rasanya menarik mengamati bagaimana seri yang berjudul asli Saikin Yatotta Maid ga Ayashii ini telah melintasi beberapa media yang berbeda. Manga yang aslinya dimuat oleh Wakame Konbu di Twitter dilandasi oleh premis sederhana yang mengikuti ritme situasi lucu dan imut di mana sang tuan muda mencurigai maid-nya, kemudian si maid menggodanya soal itu, dan kepolosan sang tuan muda membuatnya berakhir dengan kesalahpahaman yang lebih lucu dan imut. Konbu dapat memuat pola sederhana ini dalam hanya sekitar empat halaman, sesuai dengan batas jumlah empat gambar yang dapat dilampirkan pada satu tweet di Twitter, dan masing-masing potongan cerita tersebut dapat dikonsumsi sendiri-sendiri secara terpisah.

Ketika beralih media ke serialisasi majalah, yang menyediakan sekitar 16-17 halaman untuk tiap bab, Konbu tidak hanya menyesuaikan komiknya dengan menggunakan skenario interaksi di antara kedua tokoh utama yang bisa dikembangkan dalam jumlah halaman yang lebih banyak, tapi juga mengembangkan narasi besar yang lebih mendalami karakter-karakternya, termasuk dengan memberi mereka nama, memberikan lebih banyak latar belakang kepada mereka (seperti awal mula mengapa sang tuan muda tinggal hanya berdua dengan si maid, misalnya), dan bahkan menambahkan tokoh-tokoh baru seiring dengan perkembangan hubungan kedua tokoh utamanya. Perbedaan tersebut dapat dibandingkan dengan membaca versi buku satuannya (tersedia dalam bahasa Inggris dari Yen Press), yang menyertakan bab-bab dari majalah dan juga konten-konten yang sebelumnya dimuat Twitter secara berselang-seling.

Baca Juga :  BASTARD!! -Heavy Metal, Dark Fantasy- Tersedia di Netflix Dengan Dubbing Berbahasa Indonesia

Pembuatan adaptasi menjadi serial anime TV menambahkan dimensi lain kepada transformasi serial ini melintasi berbagai media, dengan adanya durasi program setengah jam yang perlu diisi dengan materi-materi yang telah tersedia. Episode pertama mengambil berbagai bagian dari isi buku pertama, mengubah urutan penyajiannya sesuai dengan kebutuhan alur bercerita satu episode anime. Namun, karena sebagian besar manga-nya memang terdiri dari potongan-potongan cerita kecil yang dibangun terutama melalui dialog tanpa banyak aksi, memang bisa terasa bahwa durasi sekitar 20 menit (tidak termasuk OP dan ED) mungkin sebenarnya terlalu banyak untuk konten semacam ini, dan saya berpikir apakah durasi setengahnya saja (seperti durasi Yama no Susume di musim kedua dan ketiganya) lebih cocok untuk seri ini, meski mungkin tidak dapat dilakukan untuk blok jam tayang yang diisi oleh anime ini.

Meski demikian,adaptasi anime The Maid I Hired Recently Is Mysterious tetap menyenangkan yang dapat menggambarkan keimutan tokoh-tokoh dan interaksi mereka. Desain karakter animenya dapat menyampaikan daya tarik tokoh-tokoh secara efektif (bahkan perubahan yang terkesan kecil seperti lengan baju Yuuri yang menjadi lebih pendek di anime turut menonjolkan keimutan lengannya yang kecil). Dan meski di antara seiyuu tokoh utamanya Rie Takahashi bisa dibilang memiliki lebih banyak pengalaman dalam menyuarakan tokoh anak laki-laki (misalnya, Ernesti di Knight’s & Magic), namun ternyata Saori Hayami yang terpilih untuk memerankan Yuuri, dan Hayami dengan terampil mampu membawakan energi muda dan lugas dari tokoh tersebut. Dengan tambahan seri ini, para penggemar manga yang berfokus pada hubungan antara anak laki-laki yang lebih muda dan gadis yang lebih tua kembali dimanjakan, dengan menambah variasi di antara adaptasi anime dari manga di genre ini. Seperti yang disebutkan sebelumnya, komedi seri ini dibangun terutama oleh dialog dan kesalahpahaman, dan itu membuatnya berbeda dari situasi komedi yang sarat ecchi dalam adaptasi anime manga oneshota lainnya dalam beberapa tahun ke belakang ini seperti Sunohara-sou dan Megami-ryou.

Fakta dan Data

Judul Lain Saikin Yatotta Maid ga Ayashii
Karya Asli Manga karya Wakame Konbu (The Great Jahy Will Not Be Defeated!)
Pengisi Suara Mikako Komatsu sebagai Fujisaki
Miyu Tomita sebagai Natsume Nakashima
Rie Takahashi sebagai Lilith
Saori Hayami sebagai Yuuri
Yui Horie sebagai Tsukasa Gojouin
Sutradara
  • Chief director: Mirai Minato (The Great Jahy Will Not Be Defeated!, Miss Caretaker of Sunohara-sou, When Will Ayumu Make His Move?)
  • Director: Misuzu Hoshino (pengarah episode The Great Jahy Will Not Be Defeated!, Laid-Back Camp)
Naskah Mirai Minato
Desain Karakter Machi Yoshino
Lagu Pembuka “Su, Suki Janai!” oleh ≠ME
Lagu Penutup “Himitsu no Niwa no Futari” oleh Yui Horie
Studio SILVER LINK dan BLADE
Situs Resmi https://maid-ga-ayashii.com
Twitter @maidga_ayashii
Mulai tayang pada 23 Juli 2022 (1700 GMT/2400 WIB), 24 Juli 2022 (0200 JST)
Baca Juga :  Serial Anime Petualangan Aneh JoJo Berusia 10 Tahun! Ini dia rangkaian perayaannya

Screenshot dan Video

©Wakame Konbu/SQUARE ENIX  ©Media Link
©Wakame Konbu/SQUARE ENIX・”The Maid I Hired Recently Is Mysterious” Production Committee ©Media Link
Saikin Yatotta Maid ga Ayashii
©Wakame Konbu/SQUARE ENIX ©Media Link
©Wakame Konbu/SQUARE ENIX ©Media Link

KAORI Newsline