Review Anime SPY x FAMILY

Spy x Family merupakan salah satu anime yang tidak asing di telinga para pembaca. Yep, anime inoi diangkat dari manga karya Tatsuya Endo. Spy x Family mengisahkan tentang misi Loid Forger atau kita kenal sebagai agen Twilight yang harus membuat keluarga palsu untuk mengamati gerak-gerik Desmond. Namun, dalam keluarga yang dibentuk oleh Loid ini terdapat Anya yang merupakan seorang esper yang mampu membaca pikiran orang lain, Yor Briar yang merupakan pembunuh bayaran, dan terakhir Bond yang merupakan anjing peliharaan Anya yang mampu melihat masa depan. Di dalam keluarga tersebut terdapat sebuah kehangatan yang begitu mendalam.

Baca Juga: Anime Tensura Kini Ada Dubbing Bahasa Indonesianya!

Jika dilihat dari konsep cerita, sebenarnya premis dari Spy x Family ini cukup sederhana, hanya saja eksekusi ceritanya begitu unik karena dibumbui dengan komedi yang membuat penonton tertawa tiada henti. Mungkin bagi yang belum menonton, pasti beraggapan bahwa anime Spy x Family ini terlihat seperti anime aksi biasa, namun jika melihat lebih mendalam, anime ini sebenarnya bisa dibilang lumayan bagus. Kira-kira apa saja sih yang membuat anime Spy x Family ini menarik ditonton?

Mengangkat Tema Ala Perang Dingin

@2022 Tatsuya Endo/WitStudio & Cloverworks Studio/Spy x Family

Hal terunik menurut penulis saat pertama kali menonton Spy x Family adalah konsep cerita yang mengangkat tema perang dingin. Sebenarnya tidak banyak anime yang mengangkat tema yang terinspirasi era perang dingin. Dalam anime ini penonton diajak kembali ke masa Perang Dingin tengah berlangsung. Bagi yang sudah membaca sejarahnya pasti paham mengapa pasca Perang Dunia II era ini berlangsung dan seperti apa bentuk perang ini. Sebenarnya konsep Perang Dingin yang terjadi di dunia nyata, tidak jauh berbeda dengan yang diceritakan dalam Spy x Family yang mana perang tersebut merupakan perang informasi. Dua belah pihak saling mencuri informasi dengan mengirimkan mata-mata ke wilayah musuh. Ketegangan dari perang dingin itu sebenarnya ada dalam Spy x Family. Seperti Loid yang harus berhadapan dengan polisi rahasia, harus menyamar, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Tayang Juli 2022, Intip Video Promosi Musim Kedua Anime Kanojo Okarishimasu

Mungkin dalam dunia nyata, perang dingin terjadi karena perseteruan ideologi antara dua pihak, yakni pihak komunis dan pihak liberal. Perbedaan ideologi ini pun juga mampu wilayah suatu negara, seperti tembok Berlin yang membagi dua wilayah Jerman yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Dalam anime ini unsur Jerman Barat dan Jerman Timur diubah menjadi Westalis dan Ostania. Westalis menyimbolkan pihak barat, dan Ostania menyimbolkan pihak timur.

Unik Di Tengah Gembar-Gembor Isekai

spy x family review
@2022 Tatsuya Endo/WitStudio & Cloverworks Studio/Spy x Family

Belakangan ini, banyak sekali anime yang mengangkat tema isekai atau dunia lain. Hal ini tentu sudah membanjiri industri anime. Namun, di tengah gembar-gembornya itu, justru Wit Studio dan Cloverwork ini malah memproduksi yang bukan mengusung tema isekai. Hal ini bisa dibilang cukup langka ditambah selama musim penanyangannya, Spy x Family bersaing dengan Paripi Koumei, dan Shikimori Not Just Cutie yang juga hadir dengan tema selain isekai. Selama penanyangannya pun anime ini mendapat respon positif dari penonton maupun pembaca komiknya, walau sebenarnya ada beberapa yang sempat protes karena ceritanya yang minim aksi. Pada dasarnya menjadi mata-mata seperti yang dijelaskan pada anime ini tentu perlu dengan kesabaran dalam menjalankan misi.

Komedi Dan Drama Dengan Tempo yang Tepat

@2022 Tatsuya Endo/WitStudio & Cloverworks Studio/Spy x Family

Spy x Family memang memiliki genre komedi dan aksi. Sepanjang cerita penonton pasti bakal tertawa karena tingkah konyol keluarga ini. Dimulai dari kelakuan Anya yang kadang bikin geleng-geleng kepala Loid, hingga kelakuan sang kepala Graha yang sering bilang “elegant”. Menurut penulis, komedi yang disediakan dalam anime inni bisa dibilang sudah tepat. Tidak lebih dan tidak kurang.

anime spy x family
@2022 Tatsuya Endo/WitStudio & Cloverworks Studio/Spy x Family

Meski begitu unsur drama yang ada dalam anime Spy x Family juga sangat pas, seperti masa lalu Loid yang cukup suram. Anya yang ingin selalu bersama Loid walau dia tahu Loid sebenarnya berbohong, namun keinginan Anya bersama Loid sangatlah tinggi, mengingat Anya merupakan anak yatim piatu yang mana dalam ceritanya masih tidak diketahui siapa sosok orangtuanya. Bahkan ada Yor yang masih mempertanyakan apakah dia sanggup menjadi istri dan sosok ibu yang baik untuk Anya. Walau memiliki unsur komedi yang begitu banyak, tetapi unsur drama dalam anime ini juga sama kentalnya. Sehingga tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang.

Baca Juga :  Juni 2022, Detektif Conan di NET Pindah Jam Tayang Lagi

Spy x Family bisa dibilang sebagai anime yang sangat unik tahun ini. Dengan komedi dan drama yang pas membuat penonton bisa merasakan tertawa dengan terbahak-bahak dan mungkin bisa juga terharu. Bagaimana menurut pembaca, apakah anime ini sangat keren atau sebaliknya?

Oleh Adi Suryo Nugroho | Adi Suryo Nugroho adalah mahasiswa Sastra Indonesia yang terobsesi dengan budaya pop Jepang sekaligus merupakan penulis novel dengan nama yang disamarkan

Artikel ini adalah pendapat pribadi dari sang penulis dan tidak berarti merefleksikan kebijakan maupun pandangan KAORI Nusantara.

KAORI Nusantara membuka kesempatan bagi pembaca untuk menulis opini tentang dunia anime dan industri kreatif Indonesia. Opini ditulis minimal 500-1000 kata dalam bahasa Indonesia/Inggris dan kirim ke halo@kaorinusantara.or.id