Mengenal Para Seiyu Made in Abyss Versi Bahasa Indonesia

Made in Abyss merupakan anime yang saat ini tengah berlanjut pada musim keduanya sejak bulan Juli lalu. Di Indonesia sendiri animenya dirilis oleh Muse Indonesia. Dan sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Muse Indonesia juga telah merilis kembali animenya dalam dubbing berbahasa Indonesia, bahkan sampai 2 musim sekaligus. Anime musim keduanya Yakni The Golden City of the Scorching Sun bisa ditonton versi dubbing Indonesianya di Sushiroll dan Bstation. Akan tetapi musim pertamanya baru tersedia di Sushiroll saja.

Dalam mendubbing anime ini ke dalam bahasa Indonesia, Muse Indonesia kembali bekerjasama dengan ATM Studio. Setidaknya terdapat 7 orang seiyu yang turut berpartisipasi dalam mendubbing animenya. Inilah para seiyunya:

Sesilia Belgius sebagai Riko

Sesilia Belgius merupakan seorang seiyu yang masih cukup baru di industri pelaku suara Indonesia. Ia cukup ahli khususnya dalam memerankan suara dengan logat timur. Kali ini ia dipercayakan untuk turut menjadi seiyu di Made in Abyss, tidak tanggung-tanggung, langsung dipercaya mendubbing sang karakter utama, Riko.

Loecy Soesilo sebagai Reg

Loecy Soesilo merupakan salah seorang seiyu kawakan tanah air. Suaranya kerap kali terdengar setiap hari Minggu pagi dalam anime Doraemon, di mana ia biasa mendubbing Dorami dan Dekisugi. Selain itu ia saat ini juga cukup sering mendubbing anime-anime dari Muse Indonesia dari Kimetsu no Yaiba, Kenja no Deshi, hingga Spy X Family. “Saori Hayami-nya Indonesia” ini kini juga turut dipercaya mendubbing Made in Abyss sebagai Reg.

made in abyss dubbing

fleurishana sebagai Nanachi & Shiggy

Hana Triana atau dikenal juga sebagai fleurishana ini sebelumnya lebih dikenal sebagai penyanyi utaite hingga penyanyi sejumlah proyek-proyek gim lokal seperti Insurgence. Ia juga cukup aktif dalam komunitas fandubbing, hingga menjadi seiyu profesional yang mendubbing sejumlah film ke dalam bahasa Indonesia, di antaranya mendubbing Kiky dalam Kiky’s Delivery Service yang tayang di Netflix. Setelah lama vakum dari dunia dubbing, ia kembali lagi untuk turut mendubbing anime Made in Abyss sebagai Nanachi dan Shiggy.

Baca Juga :  Anime Terbaru Shaman King Siap Berlanjut! Hana Asakura akan Muncul!

fuji dango

Dimas Setiaji sebagai Belaf

Dimas Setiaji adalah seiyu yang memiliki kiprah yang masih relatif baru. Berangkat dari hobinya melakukan fandub, ia kini telah meniti karir menjadi seorang seiyu profesional yang telah mendubbing sejumlah film, di antaranya adalah DOTA: Dragon’s Blood, Kiki’s Delivery Service, Kimetsu no Yaiba, Regarding Reincarnated to Slime, hingga memerankan Eren di Attack on Titan. Seiyu yang juga aktif bercosplay dengan nama panggung Fuji Dango ini dipercaya untuk mendubbing Belaf di anime Made in Abyss.

Fitra Hartono sebagai Wakuzyan

Fitra Hartono memulai debutnya sebagai seorang seiyu pada tahun 1994. Sosok seiyu penyuka lagu Melayu ini sebelumnya dikenal mendubbing karakter Vash the Stampede pada anime Trigun yang pernah ditayangkan di TRANS TV pada tahun 2001 lalu. Selain itu ia juga pernah menjadi ayah Dory dalam Finding Dory, maupun Kowalski di Madagascar. Dalam anime Made in Abyss ia mendubbing Wakuzyan.

Farida Ayu DW

Farida Ayu DW sebagai Nat & Kiyui

Farida Ayu DW (orang yang BERBEDA dengan Farida Ayu atau Dayu) sebelumnya aktif menjadi seiyu di bawah naungan SCTV di masa-masa kejayaan telenovela asal Amerika Latin. Ia banyak mendubbing telenovela seperti Amigos, Maria Belen, Marisol, Rosalinda, hingga anime Si Jenius Bakabon. Di anime Made in Abyss ia dipercaya untuk mendubbing Nat dan Kiyu. Tak lupa, anak dari Farida Ayu DW sendiri juga turut mengikuti jejak ibunya sebagai seiyu cilik yang turut mendubbing DOTA: Dragon’s Blood hingga Tokyo Revengers.

Maya Fatheena sebagai Vueko & Mitty

Baca Juga :  Kangen Nijigaku? Sambut Anime Nijiyon!

Satu lagi nama baru di industri pelaku suara Indonesia. Maya Fatheena merupakan seiyu yang cukup sukses memanfaatkan media sosial hingga jaringan internasional dalam “menjajakan” jasa suaranya. Karenanya ia banyak mengerjakan proyek-proyek luar negeri. Kali ini ia juga dipercaya untuk turut mendubbing anime Made in Abyss sebagai Vueko dan Mitty.

made in abyss dubbing
© Akihito Tsukushi / Takeshobo / Made in Abyss “The Golden City of the Scorching Sun” Production Committee

Made in Abyss merupakan serial anime yang diadaptasi dari komik karya Akihito Tsukushi. Diproduksi oleh studio Kinema Citrus, anime ini menceritakan petualangan Reg dan Rico yang menyusuri celah gua raksasa penuh misteri yang disebut “Abyss”. Di dalamnya terdapat berbagai artefak berharga yang tidak dapat dibuat oleh manusia serta berbagai makhluk aneh yang membuat para manusia takjub. Rico bercita-cita memecahkan misteri Abyss untuk mengikuti langkah ibunya sebagai “Cave Raiders”.

Intip panduan anime musim keduanya dari KAORI:

Summer 2022 Anime: Made in Abyss: The Golden City of the Scorching Sun

KAORI Newsline