Mengenal Para Seiyu Detective Conan: Zero’s Tea Time Versi Bahasa Indonesia di Netflix

Detektif Conan saat ini tengah ditayangkan secara rutin di stasiun televisi NET. Anime ini saat ini ditayangkan setiap hari Sabtu dan Minggu. Detektif Conan saat ini ditayangkan oleh NET setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 6.30 WIB. Sebuah anime sampingan dari Conan juga bisa dinikmati di Netflix, lengkap dengan dubbing berbahasa Indonesia sebagaimana telah diberitakan senelumnya. Anime sampingan tersebut adalah Detective Conan: Zero’s Tea Time.

Detective Conan: Zero’s Tea Time merupakan cerita sampingan dari Detektif Conan. Detective Conan: Zero’s Tea Time sendiri awalnya merupakan komik yang ditulis oleh Takahiro Arai, dan berkisah mengenai kehidupan sehari-hari dari sosok Rei Furuya alias Toru Amuro alias Bourbon agen ganda dari komplotan organisasi hitam dan kepolisian Jepang. Komiknya sendiri juga telah diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media. Adapun adaptasi animenya berformat anime pendek berdurasi kurang dari 15 menit, dan berjumlah 6 episode. Publik bisa menonton animenya di Netflix. Dubbing versi bahasa Indonesianya sendiri dikerjakan oleh Kantana CS Pro Indonesia, yang juga selama ini menangani dubbing dari anime Detektif Conan yang ditayangkan di NET maupun KlikFilm. Karenanya jajaran seiyunya tidak jauh berbeda dengan jajaran seiyu yang biasa didengarkan setiap kali pemirsa menonton Detektif Conan di NET maupun di KlikFilm. Berikut adalah para seiyunya:

Pengarah Dialog Nanang Niskalla

Nanang Niskalla adalah seorang seiyu yang telah lama malang melintang dalam industri suara di Indonesia. Ia memulai debutnya sebagai seiyuu sejak tahun 1989 di bawah asuhan Sanggar Prathivi, di mana saat itu ia aktif menjadi pemain sandiwara radio. Nanang Niskalla dikenal kerapkali mendubbing suara aktor laga Jackie Chan ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu, ia adalah seiyuu pertama yang mendubbing Spongebob Squarepants ke dalam bahasa Indonesia. Suaranya juga kerap kali terdengar dalam film-film karya Walt Disney Pictures ataupun Pixar versi dubbing bahasa Indonesia, seperti di antaranya sebagai Aladdin maupun sebagai Woody dalam Toy Story. Tentu saja suaranya juga cukup akrab terdengar di sejumlah anime Jepang seperti Cardcaptor Sakura, Kung Fu Boy, Death Note, Zenki, Samurai Deeper Kyo, dan tentunya episode reguler di Detektif Conan yang tayang di NET, di mana dirinya beberapa kali mendubbing karakter-karakter lewat. Nanang Niskalla selama ini juga dipercaya untuk mendubbing sosok Subaru Okiya, sosok Shuichi Akai yang menyamar. Yang menarik, Shuichi Akai versi asli sendiri selama ini didubbing oleh Salman Borneo.

Baca Juga :  Summer 2022 Anime: Lycoris Recoil

Dalam Zero’s Tea Time, Nanang Niskalla tidak terjun langsung dalam mendubbing animenya. Namun ialah yang berperan sebagai sutradara atau pengarah dialog yang menangani proses pendubbingan animenya.

Salman Borneo sebagai Rei Furuya alias Toru Amuro alias Bourbon

Salman Borneo adalah seorang seiyu yang memulai debutnya sebagai seiyuu di bawah naungan Sanggar Prathivi yang dikenal dengan produk-produk sandiwara radio yang digemari publik pada masanya. Selama ini dirinya lebih dikenal sebagai seiyu yang mendubbing karakter Sheldon Plankton dalam SpongeBob Squarepants yang tayang di Global TV. Dalam Detektif Conan sendiri ia biasa mendubbing Takagi, bahkan juga sempat mendubbing Shinichi dalam movie-movie yang tayang di KlikFilm. Kali ini dalam Zero’s Tea Time ia dipercaya menjadi peran utama, yang tak lain dan tak bukan adalah Rei Furuya alias Toru Amuro alias Bourbon sang agen ganda dari komplotan organisasi hitam dan kepolisian Jepang. Salman Borneo sebelumnya juga mendubbing peran-peran figuran ketika Detektif Conan tayang di Indosiar pada tahun 2014.

Azhary sebagai Yuya Kazami

Azhary memulai karirnya sebagai seiyu sejak bergabung dengan Sanggar Prathivi pada tahun 1989. Sebagai lazimnya seiyu didikan Sanggar Prathivi pada masa itu, Azhary memulai karirnya sebagai seiyu dalam program-program sandiwara radio yang tengah booming pada era 1980an, salah satunya sebagai Doran pada sandiwara radio Wahyu Astabrata. Selain itu dirinya juga mendubbing Tamahome pada anime Curious Play (Fushigi Yuugi) yang sempat tayang melalui stasiun televisi TPI (sekarang MNC TV) pada tahun 2001 lalu maupun Amon dalam anime Dragon League. Seiyu dari Maya Yumekoji di anime Aikatsu inidipercaya untuk mendubbing Yuya Kazami, sang agen kepolisian Tokyo yang juga menjadi rekan Rei Furuya di kepolisian dalam Zero’s Tea Time. Azhary sendiri saat ini juga turut aktif mendubbing episode-episode reguler Detektif Conan yang tayang di NET, di mana dirinya mendubbing sejumlah karakter lewat maupun inspektur kepala Matsumoto.

Baca Juga :  Ulasan Anime Koe de Oshigoto: Jalan Awal Sebagai Seiyu Eroge

Novie Burhan sebagai Midori Kuriyama

Novie Burhan memulai karirnya sebagai seiyu di usia yang masih sangat belia, bahkan menurut pengakuannya, sebelum dirinya bisa membaca. Novie Burhan sendiri merupakan seiyu keturunan “darah biru” dari klan Burhan yang banyak aktif di industri pelaku suara Indonesia. Ayahnya adalah mendiang AP Burhan yang merupakan salah seorang legenda sandiwara radio Indonesia. Sementara ibunya, mendiang Elly Burhan juga merupakan salah seorang legenda sandiwara radio Indonesia yang juga pernah ikut mendubbing anime Doraemon hingga Rocky Rackat. Saudara-saudaranya seperti mendiang Billy Burhan hingga Tata Burhan hingga iparnya Jessy Millianty semuanya juga berkarir sebagai seiyu.

Novie Burhan sendiri menjadi seiyu di sejumlah film seperti Cardcaptor Sakura, Slayers, PreTear, The Incredibles, Madagascar, Shrek, Super Gals!: Kotobuki Ran, Disney’s 101 Dalmatians, Danny Phantom, Carita de Angel, Wreck it Ralph, Kamui Gaiden, dan sederet judul-judul lagi. Saat ini ia merupakan salah seorang sosok yang bertanggung jawab di balik produksi dubbing film-film Walt Disney versi bahasa Indonesia. Ia jugalah yag menangani pengisian suara terhadap film anime Battle of Surabaya. Dalam anime Zeor’s Tea Time sendiri ia mendubbing Midori Kuriyama yang merupakan sekretaris dari pengacara Eri Kisaki, suami dari Kogoro dan ayah dari Ran.

Lis Kurniasih sebagai Vermouth

Lis Kurniasih sendiri adalah seiyu yang cukup sering mendubbing sejumlah anime ke dalam bahasa Indonesia. Salah satu perannya yang terkenal adalah sebagai Ichigo dalam anime Aikatsu hingga Elsa dalam Frozen. Seiyu Platelet di di anime Cells at Work ini dipercaya untuk mendubbing Vermouth di anime Zero’s Tea Time. Yang menarik, karakter Vermouth sendiri merupakan karakter yang tidak sering muncul. Karenanya ia seringkali mengalami pergantian seiyu yang berbeda-beda, di mana Lis Kurniasi adalah yang terkini dalam mendubbing Vermouth, dan bukan tidak mungkin ketika Vermouth muncul lagi, seiyunya akan berganti lagi.

Baca Juga :  Kronii Suka Gintama! Inilah Anime Favorit Vtuber Hololive EN!

Bersambung ke halaman selanjutnya.