Mengenal Para Seiyu Cyberpunk: Edgerunners Versi Dubbing Indonesia

Cyberpunk 2077 merupakan sebuah gim yang sempat membuat heboh dan dinanti-nantikan publik. Meski belakangan performa gim ini kerap dianggap mengecewakan, namun produknya sendiri tetap dikembangkan lebih lanjut menjadi sejumlah media lain, di antaranya adalah anime. Dengan judul Cyberpunk: Edgerunners, anime ini telah dirilis sejak 13 September 2022 sebanyak 10 episode, dan bisa disaksikan melalui Netflix.

Yang menarik, Netflix rupanya turut merilis anime ini lengkap dengan dubbing berbahasa Indonesia. Dubbing bahasa Indonesia ini dikerjakan oleh studio CS Pro. Berikut adalah para seiyu Indonesia dari Cyberpunk: Edgerunners:

Hardi sebagai David Martinez

Nama Hardi atau Hardi Dian Anto sebagai seorang seiyu sudah cukup dikenal di kalangan para pecinta anime di Indonesia. Apalagi seiyu dari Mitsuki di anime Boruto ini memang cukup aktif berbagi informasi mengenai dunia pelaku suara di akun Youtube miliknya. Kini ia turut dipercaya CS Pro untuk turut mendubbing anime Cyberpunk: Edgerunners, untuk mendubbing David sang karakter utama.

Byas Maulana Diputra sebagai Katsuo, Faraday, & Jimmy Kurosaki

Byas Maulana Diputra atau akrab dipanggil Abi adalah seorang seiyu muda yang memulai debutnya di usia yang masih sangat muda. Ia sendiri adalah putra dari Tety Najib yang merupakan seiyu yang sudah berkiprah sejak era sandiwara radio, dan juga pernah mendubbing anime Fushigi Yuugi. Awal pengalamannya di industri dubbing adalah saat ia diajak oleh ibunya yang saat itu tengah mendubbing serial kolosal Misteri Gunung Merapi. Sejak saat itulah ia banyak mendubbing sejumlah film, meski sempat vakum beberapa tahun, dan baru kembali lagi aktif menjadi seiyu sejak tahun 2017 hingga sekarang. Dalam Cyberpunk: Edgerunners ia dipercaya untuk mendubbing Katsuo, Faraday, & Jimmy Kurosaki.

Baca Juga :  Studio Trigger Resmi Mengadaptasi Dungeon Meshi Menjadi Anime!

Novie Burhan sebagai Gloria Martinez & Kiwi

Novie Burhan memulai karirnya sebagai seiyu di usia yang masih sangat belia, bahkan menurut pengakuannya, sebelum dirinya bisa membaca. Novie Burhan sendiri merupakan seiyu keturunan “darah biru” dari klan Burhan yang banyak aktif di industri pelaku suara Indonesia. Ayahnya adalah mendiang AP Burhan yang merupakan salah seorang legenda sandiwara radio Indonesia. Sementara ibunya, mendiang Elly Burhan juga merupakan salah seorang legenda sandiwara radio Indonesia yang juga pernah ikut mendubbing anime Doraemon hingga Rocky Rackat. Saudara-saudaranya seperti mendiang Billy Burhan hingga Tata Burhan hingga iparnya Jessy Millianty semuanya juga berkarir sebagai seiyu.

Novie Burhan sendiri menjadi seiyu di sejumlah film seperti Cardcaptor Sakura, Slayers, PreTear, The Incredibles, Madagascar, Shrek, Super Gals!: Kotobuki Ran, Disney’s 101 Dalmatians, Danny Phantom, Carita de Angel, Wreck it Ralph, Kamui Gaiden, dan sederet judul-judul lagi. Saat ini ia juga aktif menjadi seorang pengarah dialog atau sutradara dubbing, di mana ia merupakan salah seorang sosok yang bertanggung jawab di balik produksi dubbing film-film Walt Disney versi bahasa Indonesia. Ia jugalah yang menangani pengisian suara terhadap film anime Battle of Surabaya. Tangan dinginnya sebagai seorang pengarah dialog ini juga membuatnya dipercaya oleh studio CS Pro untuk menggarap dubbing dari anime Cyberpunk: Edgerunners ini. Selain sebagai pengarah dialot, Novie Burhan juga turun tangan langsung mendubbing ibu David, yakni Gloria, dan juga Kiwi, anggota kru Maine yang bersikap dingin. Selain menjadi seiyu dan pengarah dialog, Novie Burhan kini juga aktif menjadi pengajar yang menularkan ilmunya kepada calon-calon seiyu generasi selanjutnya. Sejumlah seiyu di anime Cyberpunk: Edgerunners ini sendiri juga merupakan anak didiknya.

Baca Juga :  Sekai Saionji dari School Days Jadi VTuber

Fitra Hartono sebagai Kepala Sekolah & Adam Smasher

Fitra Hartono memulai debutnya sebagai seorang seiyu pada tahun 1994. Sosok seiyu penyuka lagu Melayu ini sebelumnya dikenal mendubbing karakter Vash the Stampede pada anime Trigun yang pernah ditayangkan di TRANS TV pada tahun 2001 lalu. Selain itu ia juga pernah menjadi ayah Dory dalam Finding Dory, maupun Kowalski di Madagascar. Dalam anime Cyberpunk: Edgerunners ia mendubbing Adam Smasher dan juga kepala sekolah di sekolah David.

Abdurachman Qolbi sebagai Ripperdoc & Delamain

Karakter Ripperdoc dan Delamain dalam Cyberpunk: Edgerunners dipercayakan untuk didubbing oleh Abdurachman Qolbi. Ia merupakan seiyu yang masih cukup baru. Karenanya masih belum banyak informasi mengenai dirinya. Meskipun begitu, ia sudah beberapa kali mengisi suara untuk program komersial.

Bersambung ke halaman selanjutnya.