Mengenal Para Seiyu BASTARD!! -Heavy Metal, Dark Fantasy- Versi Bahasa Indonesia

BASTARD!! -Heavy Metal, Dark Fantasy- atau BASTARD!! Ankoku no Hakaishin merupakan sebuah komik lawas karya Kazushi Hagiwara. Komik ini dulu pernah diadaptasi menjadi anime pada tahun 1992. Kini komik ini kembali diadaptasi menjadi anime yang ditayangkan lewat Netflix. Dan sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Netflix juga turut mempersembahkan dubbing berbahasa Indonesia untuk anime ini.

Versi dubbing berbahasa Indonesia dikerjakan oleh studio Iyuno-SDI Group dengan Jumali Jindra dipercaya sebagai sutradara atau pengarah dialog untuk anime ini. Berikut adalah para seiyu yang mendubbing anime BASTARD!! -Heavy Metal, Dark Fantasy- ke dalam bahasa Indonesia:

Pengarah Dialog Jumali Jindra

Jumali Jindra adalah seiyu yang sebelumnya dikenal memerankan karakter Squidward Tentacle di Spongebob Squarepants dan Saito Hajime di Samurai X. Jumali Jindra sendiri adalah seiyu yang memulai debutnya di Sanggar Prathivi pada tahun 1991, dan dikenal memiliki suara yang cukup khas di mana dirinya telah malang-melintang dalam bisnis pengisian suara dengan berbagai film yang telah ia mainkan. Tercatat suaranya telah berkumandang pada film-film seperti Samurai X, Spongebob Squarepants, Scooby Doo, hingga Detektif Conan. Meski dalam anime BASTARD!! ia tidak secara langsung menyumbangkan suaranya, namun ialah sutradara di balik proses dubbing yang mengarahkan dialog dari para seiyu-seiyu di anime ini.

Photo courtesy of Ferry Kurniawan

Ferry Kurniawan sebagai Dark Schneider

Sosok Dark Schneider sang penyihir tersohor dari anime BASTARD!! ini diperankan oleh Ferry Kurniawan. Ferry Kurniawan sendiri sebelumnya dikenal mendubbing Inuyasha kala anime Inuyasha ditayangkan di Indonesia melalui Indosiar dan Global TV.

bastard
Photo courtesy of Adinda Mia Larasati

Adinda Mia Larasati sebagai Tia Noto Yoko

Adinda Mia Larasati merupakan seiyu yang masih cukup baru di industri pelaku suara Indonesia. Ia sebelumnya sempat mendubbing sejumlah film-film Ghibli, maupun turut mendubbing DOTA: Dragon’s Blood. Karenanya ia memang sudah cukup sering mendubbing film-film di Netflix. Kali ini ia dipercaya mendubbing satu lagi film dari Netflix, yakni anime BASTARD!!, di mana ia dipercaya untuk mendubbing Yoko sang tokoh utama.

Baca Juga :  Catat! Ini Tanggal Rilis Musim Kedua Made in Abyss!

Marin sebagai Lucien Renlen

Sosok Lucien yang merupakan “body vessel” dari Dark Schneider ini didubbing oleh Marin. Marin sendiri selama ini seiyu yang dikenal sebagai Boruto Uzumaki di anime Boruto yang ditayangkan oleh GTV. Ia juga menyanyikan lagu Ninja Hattori versi bahasa Indonesia pada tahun 2020 lalu.

Deden sebagai Gara

Deden si seiyu Tuxedo Bertopeng di anime Sailor Moon yang juga cukup langganan mendubbing seri-seri tokusatsu ini turut menyumbangkan suaranya dalam anime BASTARD. Karakter yang ia perankan adalah Ninja Master Gara.

Photo courtesy of Esty Rohmiati

Esty Rohmiati sebagai Arshes Nei

Esty Rohmiati atau dikenal juga sebagai Esty Sanggar memulai debutnya sebagai seiyu sejak tahun 2009. Di antara film-film yang pernah didubbing olehnya adalah sebagai si Helikopter penolong di Robocar Poli. Ia juga banyak mendubbing film-film Disney seperti Inside Out, Enchanted, Sofia the First, Vivo, Elena of Avalor, dll. Ia juga pernah mendubbing ibunya Koo Hari dala Shinbi House Season 3 yang tayang di NET, Arcane, Attack on Titan, hingga Spy X Family. Dalam anime BASTARD!, ia diberi kepercayaan untuk mendubbing Thunder Empress Arshes Nei, sosok dark elf yang sempat jatuh hati pada Dark Schneider.

Bonar sebagai Abigail

Bonar merupakan salah satu seiyu pelopor di masa-masa awal penayangan anime dan tokusatsu di televisi Indonesia. Salah satu debutnya adalah ketika berperan sebagai Pendeta tertinggi Darom hingga Bayangan Hitam dalam serial Tokusatsu Ksatria Baja Hitam (Kamen Rider Black), hingga sejumlah peran monumental lainnya seperti Seiya dalam anime Saint Seiya maupun sebagai Yoko dalam serial silat klasik Mandarin, The Return of Condor Heroes. Berbagai serial dari mancanegara termasuk juga Jepang, dari anime, tokusatsu, hingga dorama telah diperankan olehnya selama berkarir sebagai seiyu. Sebut saja misalnya Ultraman Max, Saint Seiya Lost Canvas, Kamen Rider Kuuga, Ninja Ranger, dan berbagai judul lainnya. Suaranya sudah cukup akrab terdengar di sejumlah serial anime maupun tokusatsu dari mulai Super Sentai, Kamen Rider, hingga Power Rangers. Dengan segala prestasi dan latar belakangnya ini, tak tanggung-tanggung ia dipercaya untuk turut mendubbing anime BASTARD!! -Heavy Metal, Dark Fantasy- untuk memerankan Dark Priest Abigail

Baca Juga :  Ulasan Film Detective Conan: The Raven Chaser: Kelam Penunduk Dewa Kematian

Byas Maulana Diputra sebagai Kall-Su

Byas Maulana Diputra atau akrab dipanggil Abi adalah seorang seiyu muda yang memulai debutnya di usia yang masih sangat muda. Ia sendiri adalah putra dari Rifky dan Tety Najib yang merupakan pasangan suami-istri seiyu yang sudah berkiprah sejak era sandiwara radio, dan juga pernah mendubbing anime Fushigi Yuugi. Awal pengalamannya di industri dubbing adalah saat ia diajak oleh ibunya yang saat itu tengah mendubbing serial kolosal Misteri Gunung Merapi. Sejak saat itulah ia banyak mendubbing sejumlah film, meski sempat vakum beberapa tahun, dan baru kembali lagi aktif menjadi seiyu sejak tahun 2017 hingga sekarang. Dalam BASTARD!!, ia dipercaya untuk mendubbing Kall-su si penyihir es.

bastard
Photo courtesy of Wahyu Gita Murti

Wahyu Gita Murti sebagai Sheila Tuel Meta-llicana

Wahyu Gita Murti merupakan salah satu seiyu pendatang baru yang mengawali kiprahnya sebagai fandubber. Selama karirnya sebagai seiyu, ia juga pernah terlibat dalam sejumlah film Ghibli hingga DOTA: Dragon’s Blood. Kali ini dalam BASTARD!! ia dipercaya untuk mendubbing putri Sheila, putri kerajaan Meta-llicana yang memiliki ilmu tinggi, dan juga cukup jatuh hati terhadap Dark Schneider.

Arief Lintau Darwis sebagai Lars

Arief Lintau Darwis memulai karirnya sebagai seiyu sejak tahun 1993. Berbagai film pernah dilakoninya dari Kamen Rider 555 hingga Tamra the Island. Dirinya juga sempat bermain film seperti Di Bawah Lindungan Ka’bah. Salah satu perannya sebagai seiyu yang cukup menonjol adalah dalam Acara Spektakuler Benteng Takeshi, di mana dirinya mendubbing sosok reporter Yanagisa Shinggo, hingga ikut menjadi seiyu dalam Si Juki the Movie. Dalam BASTARD!! ia dipercayakan untuk mendubbing Lars, pangeran Meta-llicana yang pernah dipercaya berhasil mengalahkan Dark Schneider, namun saat ini tengah dikutuk menjadi bayi naga.

Baca Juga :  Video Teaser Intip Suzume no Tojimari

Bersambung ke halaman selanjutnya.