Ingat Vatalla? Sambut VOLCANID: Rise Of The Garudha!

© Kampoong Monster

Dalam rangka Dirgahayu Indonesia ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 lalu, Kampoong Monster mengumumkan proyek terbaru mereka yang diberi judul VOLCANID: Rise Of The Garudha. Sebagaimana lazimnya karya-karya founder Kampoong Monster, Alfi Zachkyelle, VOLCANID: Rise Of The Garudha kembali dibintangi oleh karakter-karakter seperti Vienetta Putri Aulia dan kawan-kawannya.

VOLCANID: Rise Of The Garudha merupakan proyek anime kerjasama Kampoong Monster dengan Prodi Animasi ISI Yogyakarta x PT Kampoong Monster Indonesia dengan sponsor utama Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi Republik Indonesia. Proyek ini sendiri merupakan hasil alih media dari riset terapan tentang 7 cerita mitologi di dalam motif Batik Nusantara yang kemudian dielaborasikan dengan karakter komik & TV anime seri Vatalla Sang Pelindung yang diremake ulang.

Cerita ini dimulai dari sebuah perusahaan multinasional pengelolaan makhluk Mitologi dan Supranatural bernama #volcanid yang merekrut sekelompok Vlogger Horror bernama Vienetta feat The Stupid Aliens sebagai Mythcatcher untuk memecahkan teka-teki pola ornamen batik misterius yang tersemat di sebuah arca Garuda raksasa yang ditemukan di situs purbakala Liyangan. Motif tersebut kemudian menyeret mereka ke sebuah konflik purba mengerikan antara ras Paksi dan Naga. Sebuah konflik didalam mitologi kuno yang mewahyukan tentang Mahapralaya kedua atau Armageddon-nya Nusantara. Mereka juga menemukan fakta jika mitologi yang diyakini selama ini ternyata sebuah cerita rekayasa untuk menutupi sesuatu yang besar dan tersembunyi tentang asal-usul keberadaan umat manusia, sebuah rahasia penting yang kelak akan berdampak pada eksistensi peradaban di bumi.

Vienetta Putri Aulia sendiri merupakan karakter fiksi rekaan Alfi Zachkyelle. Ia sebelumnya pernah diangkat ke dalam komik berjudul Dua Warna dan juga VIENETTA feat The Stupid Aliens – Lagu Untuk Foja- yang diterbitkan oleh Penerbit KOLONI, dan sempat diangkat dalam bentuk serial Anime berjudul Vatalla Sang Pelindung yang pernah ditayangkan oleh TRANS7 pada tahun 2010 lalu. Kini ia menjadi IP andalan sekaligus karakter maskot dari studio Kampoong Monster yang didirikan oleh Alfi Zachkyelle.

Baca Juga :  Attack on Titan Kini Hadir dalam Dubbing Berbahasa Indonesia di Viu

Rencananya proyek VOLCANID: Rise Of The Garudha ini juga akan diadaptasi dalam bentuk komik dan NFT.

KAORI Newsline