Anime/Manga Bertema Keluarga Pilihan Staf KAORI

Cukup banyak anime Jepang yang mengangkat tema keluarga. Kehidupan keluarga, interaksi antara suami-istri-anak, lengkap dengan segala suka dukanya memang tidak pernah ada habisnya untuk diangkat. Kali ini para staf KAORI Nusantara akan membagikan rekomendasi mengenai anime bertema keluarga. Inilah anime-anime bertema keluarga pilihan staf KAORI Nusantara:

Copyright© 1995-2021, Tokyo Broadcasting System Television, Inc. All Rights Reserved.

Media: Manga oleh Negi Haruba; Anime oleh Tezuka Production (Season 1) dan Bibury Animation Production (Season 2)

Suatu hari, seorang anak kelas dua SMA menyedihkan bernama Futaro Uesugi datang untuk mengajar les privat dengan bayaran tinggi Tak disangka, yang menjadi muridnya ternyata adalah gadis kembar lima Nakano bersaudari. Mereka memiliki paras yang mempesona, tetapi hal itu tidak akan bisa membantu mereka lulus dari sekolah karena susah diajak belajar. Berhasilkah Futaro merebut hati mereka sekaligus membuat mereka sukses di sekolah?

Mungkin aneh rasanya memasukkan kisah romansa haerm seperti Go-Toubun no Hanayome masuk dalam kategori anime bertema keluarga, namun justru di situlah uniknya. Genre harem seringkali dianggap memperlakukan lawan jenis sebagai “obyek yang harus dimenangkan”. Namun anime yang diangkat dari komik berjudul sama karya Negi Haruba ini banyak menceritakan sudut pandang dari para gadis. Tidak semua pembaca akan setuju akan apa yang dilakukan Ichika atau Nino demi memenangkan hati Futaro. Namun perasaan-perasaan seperti “Kenapa aku harus mengalah hanya karena aku yang paling tua?” atau “Aku hanya ingin jujur pada diriku sendiri tanpa mengkawatirkan hubungan antar keluarga” adalah perasaan-perasaan yang dekat dengan banyak orang. Para 5 bersaudari Nakano bukan hanya sekedar obyek pasangan sebagaimana kisah-kisah haerm pada umumnya, namun mereka jugalah karakter yang utuh, yang memiliki sudut pandang dan problemanya masing-masing mengenai bagaimana keluarga saling berhubungan satu sama lain. (Dany Muhammad, The Indonesian Anime Times).

Clannad

© Visual Art’s/Key

Media: Novel Visual oleh Key; Anime oleh Kyoto Animation

Tomoya Okazaki, seorang siswa nakal dari SMA Hikarizaka yang kehilangan ibunya akibat kecelakaan. Suatu hari, Okazaki bertemu dengan Nagisa Furukawa, seorang siswi yang terpaksa tidak naik kelas akibat sakit yang dideritanya. Akibat pertemuan tersebut, Okazaki pun memutuskan berteman dengan Nagisa dan membantunya untuk membuat klub drama. Pertemuan tersebut bagaikan takdir, yang membawa Okazaki untuk menemui berbagai hal baru dalam kehidupannya.

Clannad merupakan cerita roman sekolah dengan subplot keluarga yang kuat. Terdapat dua aspek kental dalam Clannad yang saling berkaitan tapi terkadang terlupakan dalam kenaifan jiwa muda bahwa dalam skema yang lebih luas selalu ada kaitan antara romansa masa muda dengan kehidupan keluarga masing-masing tokohnya.

Baca Juga :  Anime Masamune-kun no Revenge Berlanjut ke Musim Kedua!

Romansa tidak hanya uwa-uwu dan kyaa-kyaa belanja pakaian di mall ataupun nonton kembang api di malam festival tetapi juga pengorbanan dan kerja keras untuk mencapai kebahagiaan diri kita dan orang-orang yang kita sayangi. (Adi W.W., Penasehat Spiritual).

Crayon Shin-chan: Fierceness That Invites Storm! The Adult Empire Strikes Back

©Shin-Ei Animation, TV Asahi, ADK, Toho.

Media: Anime oleh Shin-Ei Animation; Diangkat dari Manga karya Yoshito Usui

Keluarga Nohara mengunjungi “museum abad ke-20” yang baru dibangun di kota Kusakabe, penuh dengan nostalgia masa kecil bagi orang dewasa seperti Hiroshi dan Misae. Shin-chan dan Himawari yang tidak tertarik sama sekali sebal karena hanya orangtua mereka yang bersenang-senang. Sementara di balik itu, Ken & Chaco, pasangan pemilik museum, membicarakan rencana mereka untuk menghapus “aroma” abad ke-21 dari kota. Keesokan harinya, Shin-chan dan anak-anak lainnya menemukan seluruh orang dewasa bertingkah seperti anak-anak, terlarut “wangi” nostalgia. Dapatkah Shin-chan menyadarkan mereka semuanya dan menyelamatkan kota sebelum terlambat?

Keluarga Nohara dari Crayon Shin-chan sudah lama menjadi salah satu keluarga karakter animasi yang ikonik dari Jepang, seperti keluarga Nobi (Doraemon), Sakura (Chibi Maruko-chan), ataupun Fuguta (Sazae-san). Saya yakin ketika “anime keluarga” disebut, maka banyak yang akan berpikir tentang Crayon Shin-chan sebagai salah satu dar anime bertema keluarga tersebut. Selalu terjadi hal unik ketika keluarga stereotipikal Jepang ini dihadapkan dengan situasi-stuasi luar biasa dalam film-film layar lebar tahunan Crayon Shin-chan. Dan kalau harus memilih satu, maka film Shin-chan rilisan tahun 2001 ini, yang pernah masuk ranking #4 dalam daftar film animasi terbaik Jepang oleh majalah Kinema Junpo* -lah yang menjadi pilihan saya. Dengan tema dan jalan cerita yang akan membuat penonton terkaget-kaget dan sulit percaya kalau mereka sedang menonton Shin-chan, rasanya dapat dimengerti kenapa majalah sinema tertua di Jepang itu merekomendasikan film ini.

Mungkin banyak yang belum pernah menontonnya. Tetapi orang-orang mungkin pernah melihat satu sekuens adegan dari film ini yang sempat tersebar di media sosial, di mana keluarga Nohara bersepada bersama. Adegan tersebut sungguh lebih berarti dengan konteks, dan film yang berhasil menggunakan bau kaki Hiroshi sebagai elemen cerita yang penting dengan dramatis ini sangat saya rekomendasikan. Film ini bercerita tentang banyak hal, tetapi pada intinya menunjukkan betapa kuat dan indahnya berkeluarga, dengan keluarga Nohara sebagai contohnya. Nostalgia dan masa kecil mungkin memang indah, tetapi melangkah maju menjadi dewasa dan menghadap masa depan juga sesuatu yang tidak kalah indahnya.

Baca Juga :  Koharu Lucu! Yama no Susume: Next Summit Siap Tayang Oktober 2022

Dapat ditonton di Bstation: https://www.bilibili.tv/en/play/36469

Trivia: animator asal Indonesia, Agung Oka Sudarsana (Timeline Studio) terlibat dalam pembuatan film ini. (Caesar E.S., The Indonesian Anime Times).

Si Jenius Bakabon

© Fujio Akatsuka/Kodansha

Media: Manga oleh Fujio Akatsuka; Anime oleh Tokyo Movie, Pierrot, & Pierrot+

Berkisah tentang keluarga Bakabon yang aneh tapi unik dalam menjalani hidup sehari-hari, seperti Hajime yang baru 3 hari lahir bisa berbicara seperti layaknya orang normal.

Sulit menggambarkan untuk serial paling legendaris ini. Entah kenapa sang pengarang membuat satu keluarga yang sungguh unik dari sang anak yaitu Bakabon yang normal2 hidupnya, Hajime yang masih balita namun geniusnya bukan main, Mama yang serba bisa dan Papa yang bodohnya bukan main. Serial ini bisa mengocok perut penikmatnya juga di kala bosan.

Salah satu nilai kekeluargaan di serial ini, walaupun Papa orangnya bodoh (baka) tapi kesetiaan dan cinta terhadap Mama maupun keluarganya bisa akur walau halang rintang menanti dan kelak menjadi seorang yang bertanggung jawab untuk membahagiakan semuanya sebagai keluarga kelak. Sebuah anime bertema keluarga yang cukup menarik untuk ditonton. (Aldin Firgiawan, KAORI Newsline).

Amaama to Inazuma/Sweetness and Lightning

© Gido Amagakure/Kodansha/Elex Media Komputindo

Media: Manga oleh Gido Amagakure; Anime oleh TMS Entertainment

Amaama to Inazuma atau Sweetness and Lightning bercerita seorang guru matematika SMA bernama Kouhei Inuzuka yang kini harus mengambil peran juga dalam mengurus anak yaitu Tsumugi Inuzuka, semenjak ditinggal pergi oleh istrinya karena penyakit. Pekerjaannya yang sibuk sebagai guru dan lemahnya pengetahuan akan kuliner memaksa dia untuk memberikan buah hatinya makanan cepat saji dari toko serba ada. Namun, hal tersebut membuatnya frustasi karena ketidakmampuannya untuk menyajikan makanan yang sehat dan bergizi untuk putrinya. Oleh karena itu, sang ayah menerima tawaran dari muridnya, Kotori Iida, untuk datang makan malam di restoran keluarganya bersama Tsumugi, sembari belajar memasak dan berbagi makanan buatan rumah yang lezat dengan Kotori & Tsumugi

Amaama to Inazuka menampilkan kepada kita sebuah dedikasi seorang ayah apalagi dalam kondisi single parent untuk terus membahagiakan buah hati nya. Dari hal yang paling penting seperti menyajikan buah hati makanan lezat & bergizi. Sang ayah ini sayangnya tidak bisa memasak, tapi karena kasih sayangnya kepada buah hati nya, tidak ada kata terlambat bagi dia untuk terus belajar memasak. Sebuah sajian anime bertema keluarga yang sangat menarik. (Ferdian Tiraska, KAORI Newsline).

Baca Juga :  Onii-chan wa Oshimai! Diadaptasi Jadi Anime!

The Eccentric Family/Uchoten Kazoku

anime keluarga
©Tomihiko Morimi・Gentosha/”The Eccentric Family” Production Committee

Media: Novel oleh Tomihiko Morimi; Anime oleh P.A. Works

Bersettingkan kota Kyoto yang dihuni oleh komunitas tanuki dan tengu serta manusia. Tersebutlah 4 bersaudara tanuki. Shimogamo bersaudara yang hidup di kota bersama-sama penghuni lainnya yang nyentrik setelah ayah mereka mati akibat dimakan oleh manusia.

Sebagai anime bertema keluarga, kisah dari Shimogamo bersaudara memikul beban akibat harapan yang sangat besar sebagai anak dari pemimpin komunitas tanuki terkemuka. Padahal tiap-tiap dari mereka hanya mewarisi masing-masing satu saja  kesaktian dari ayah mereka, yang membuat mereka tidak sama engan ayah mereka, dan tujuan hidup mereka bisa berbeda satu sama lain, yang itu bisa saja membuat mereka saling berselisih. Namun sebagai keluarga, ketika mereka bekerja sama dan saling membantu satu sama lain, mereka bisa menutupi kekurangan satu sama lain dengan kelebihannya masing-masing. (Halimun Muhammad, The Indonesian Anime Times).

Kyouran Kazoku Nikki

anime keluarga
©2008 Akira/PUBLISHED BY ENTERBRAIN INC./Bureau of Paranormal Phenomena Countermeasures

Media: Novel oleh Akira (Cerita) and x6suke (Ilustrasi); manga oleh Eshika/Shogo; Anime oleh Nomad

Ribuan tahun yang lalu, Enka sang titisan kehancuran telah dikalahkan. Namun sebelum mati ia meramalkan bahwa anaknya akan membawa kehancuran bagi dunia. Kini di masa modern, terdapat 7 orang yang diyakini sebagai “Anak-Anak Enka”. Demi mengatasi hal itu, Badan Penanggulangan Fenomena Paranormal meluncurkan rencana bernama “Operasi Keluarga Nyaman” untuk mengumpulkan para kandidat “Anak-Anak Enka” dalam keluarga yang nyaman dan mengawasi mereka untuk mencari siapakah anak yang sesungguhnya, dengan salah satu anggota Badan Penanggulangan Fenomena Paranormal Ouka Midarezaki, ditunjuk sebagai suami dan ayah dalam keluarga buatan ini. Maka dimulailah kehidupan keluarga Midarezaki yang banyak diwarnai dengan sejumlah hal-hal aneh dan petualangan bersama.

Salah satu anime bertema keluarga yang diangkat dari novel ringan keluaran era 2000an akhir, Kyouran Kazoku Nikki hadir dengan kisah keluarga buatan yang terdiri dari bukan hanya manusia, namun juga kucing berkekuatan telepatik dan mengidap god complex, singa yang bisa berbicara, Ubur-ubur listrik terbang, dan senjata biologis. Anime ini hadir dengan unsur komedi yang sangat kental, diikuti dengan bumbu-bumbu drama komedi keluarga. Namun lebih dari sekedar drama keluarga, Kyouran Kazoku Nikki juga mengangkat ikatan keluarga di antara para karakter-karakternya, dan juga bagaimana mereka menghadapi segala tantangan bersama sebagai keluarga. Mereka mungkin bukan keluarga yang sempurna, namun tidak perlu kesempurnaan untuk bisa mencintai satu sama lain sebagai sesama keluarga. (Halimun Muhammad, The Indonesian Anime Times).

Bersambung ke halaman selanjutnya.